Internet sudah menjadi kebutuhan pokok dizaman digital ini. Kalau melihat 10 hingga 15 tahun kebelakang hanya orang - orang tertentu atau bisa dibilang menengah atas saja yang bisa menikmati akses internet pribadi, itupun dengan kuota yang sangat sedikit dan juga kecepatannya bisa dibilang lambat pada saat itu kalo engga salah kecepatannya sekitar 98Kbps - 300Kbps.

Orang - orang yang lahir tahun 2000 kebawah pasti tahu persis bagaimana rasanya menikmati speed Internet dengan angka yang saya sebutkan tadi. Ini sangat kontras dengan keadaan yang sekarang dimana kuota internet sudah makin hari makin murah dan yang paling kerasa adalah kecepatan internetnya. 

Dimana kecepatan internet sekarang sudah menyentuh satuan Mbps, dimana rata - rata kecepatan internetnya bekisar antara 5 - 20Mpbs. Sebagai contoh saya melakukan speed test pagi ini( saat artikel ini dibuat ) dan hasilnya bisa dilihat pada screenshot berikut.

Cukup cepat jika dipagi hari, tapi mungkin akan berbeda hasilnya kalau ditestnya dimalam hari :v.

Mbps dan MBps

Ok daritadi sudah membahas tentang kecepatan internet, tapi pernahkah kalian bertanya - tanya kenapa kecepatan internet saya segini tapi ketika dipakai untuk mendownload sesuatu kecepatan downloadnya tidak sampai segitu.

Kita perhatikan dengan teliti, ketika kalian membeli modem, atau memasang wifi dirumah, atau membeli kartu provider pasti setidaknya mencantumkan berapa kecepatan internet yang bisa didapat. Dan ketika kalian perhatikan pasti satuan yang dipakai adalah Mbps sama seperti screenshot yang saya berikan.

Sementara ketika mendownload suatu file pada browser maka satuannya pasti MBps, nah yang kalian bisa notice disini adalah perbedaan antara huruf "b" pada Mpbs dan "B" pada MBps ini bukan typo tapi memang keduanya diukur dengan satuan yang berbeda.

Nah sekarang pertanyaannya, apakah kalian tahu kepanjangan dari Mbps itu?, " Oh iyaa jelas saya tahu, pasti Mega Byte per second kan ", kira - kira pasti kata - kata itu yang akan keluar atau setidaknya terbesit dipikiran kalian.

Ketika yang ditanya adalah MBps maka jawaban kalian tepat tapi tidak untuk Mbps, karena saya sudah bilang sebelumnya bahwa mereka berdua adalah satuan yang berbeda.

Penjelasan

Ok kalian tidak salah, hanya saja sedikit keliru atau salah persepsi dengan satuan Mbps ini. Karena kepanjangan dari Mbps yang sebenarnya adalah Mega bit per second, nah disinilah letak perbedaan antara yang ada dipikiran kalian dengan faktanya.

Nah darisini pasti kalian akan bertanya - tanya lagi, emang beda ya antara bit dengan Byte. Ya jelas itu berbeda karena bit dan Byte adalah satuan yang berbeda. Karena dalam satuan memory dibagi menjadi 2 keluarga yaitu bit dan Byte, yang dimaksud keluarga disini adalah baik bit dan Byte memiliki tingkatan yang sama yaitu: Kilo, Mega, Giga, Tera dan Peta dst, jadi pada bit  juga ada Kilobit , Megabit, Gigabit dan Petabit dan konversi perhitungannya sama seperti Byte yakni seatas dibagi 1000 kebawah dikali 1000.


Sumber: eetimes.com

Sekarang bagaimana cara conversi dari satuan bit ke Byte?. Tentu bisa dengan 1bit itu setara dengan 0.125Byte atau agar lebih mudah 1Byte setara dengan 8bit. Jadi jika koneksi kecepatan internet kalian adalah 10Mbps maka 10/8 = 1.25, jadi kecepatan download bekisar 1.2MBps.

Nah sekarang kalian sudah bisa memperkirakan jika kecepatan interbet 300Kbps berapa KBps kecepatan downloadnya? bisa dicari sendiri dan pasti hasilnya mengerikan :v.

Jadi yang orang - orang ketahui selaman ini hanya sampai Byte saja, mereka tidak tahu bahwa ada satuan yang lebih kecil lagi dibawah Byte. Ini bukan berarti kalian ditipu oleh ISP( Internet Service Provider ) hanya saja sebagian orang kurang teliti atau tidak berusaha mencari tahu.

 

Ok sekian artikel kali ini, jika ada yang ingin menambahkan, memberi saran, diskusi atau sebagainya bisa langsung kekolom komentar ya :)
Untuk kalian yg lagi cari monitor atau aksesoris seperti keyboard, mousepad dan mouse bisa lihat rekomendasi saya di tokopedia ya.

Business vector created by studiogstock - www.freepik.com