Mungkin ini adalah artikel pertama yang membahas tentang linux, dan kedepannya akan lebih banyak lagi tutorial dan tips tentang linux selain membahas tentang ngoding. Ok pada artikel ini saya akan membahas perintah dasar linux yang wajib kalian kuasai ketika ingin migrasi ke sistem operasi ini.

Migrasi ke sistem operasi ke linux memang saya akui adalah salah satu hal yang paling susah dilakukan untuk sebagian orang, hal ini sama dengan kalian yang biasa makan nasi tapi tiba - tiba besoknya kalian ganti nasi dengan roti pasti sangat sulit tentunya.

Sama halnya dengan urusan memakai sistem operasi karena mereka sudah terlanjur nyaman atau bisa dibilang "ketergantungan" berada di sistem operasi mereka saat ini, jadi ketika pindah atau migrasi ke sistem operasi lain maka bisa dipastikan merasakan ketidak nyamanan yang sangat luar biasa.

Kita ambil contoh Windows, berapa persen kira - kira orang yang dari pertama kali komputer sudah pakai Windows yang mau pindah ke Linux?, mungkin dibawah 1% hal ini didukung data dari statcounter dimana dari data tersebut total pengguna linux diindonesia sebesar 0.96% dari seleruluhan jumlah pengguna komputer.

Padahal menurut pendapat pribadi Linux sekarang sudah hampir bahkan sama seperti Windows, tidak seperti dulu yang hanya berbasis text dan command line. Akan tetapi bukan berarti command line ditinggalkan begitu saja, initinya seperti ini ketika kalian memutuskan untuk mengganti sistem operasi kalian dengan linux berarti kalian sudah melakukan salah satu perubahan besar dalam hidup :v.

Saya paham aplikasi yang tersedia untuk Linux jumlahnya tidak sebanding dengan Windows disamping itu untuk standar perkantoran juga Windows lebih superior tapi untuk kebutuhan personal Linux tidak kalah dengan WIndows.

Dan dengan banyaknya jumlah aplikasi pada Windows akan dibayar mahal dengan banyaknya juga virus dan malware yang bertebaran di Windows. Tapi jika kalian belum siap migrasi sepenuhnya kalian bisa belajar melalui virtualbox atau melakukan dual boot antara linux dan windows.

Karena command line adalah nadi disetiap sistem operasi termasuk WIndows, hanya saja pada Windows proses yang menggunakan command line itu disembunyikan jadi user hanya melihat tampilan saja. Ok kita langsung saja menuju list perintahnya.

 

1. mv - Move

Ok kita mulai dari perintah management file terlebih dahulu, mv digunakan memindahkan file atau folder ke directory tertentu sintaksnya seperti ini.

mv fileexample.txt folderexample

Pada perintah diatas kita akan memindahkan fileexample.txt kedalam folder folderexample, tidak hanya file kalian juga bisa memindahkan folder beserta isinya dengan sintaks yang sama.

 

2. cp - Copy

Masih dalam management file, sekarang ketika kita ingin mengcopy file atau folder  gunakan perintah cp struktur sintaksnya sama seperti mv tadi.

cp fileexample.txt folderexample

Bedanya ketika kalian akan mengcopy folder beserta isinya tambahkan option -R yang artinya perintah tersebut akan dilakukan secara recursive atau berulang - ulang.

cp -R fotos folderexample

 

3. touch - Create

Seperti namanya perintah touch digunakan untuk membuat file dalam format apapun pada directory saat ini.

touch examplefile.txt

 

4. rm - Remove

Jika ada create pasti ada delete, nah rm digunakan untuk menghapus file atau folder.

rm examplefile.txt

Sama seperti cp tadi ketika ingin menghapus folder beserta isinya tambahkan option -R.

rm -R examplefolder

Untuk menghapus sebuah folder kosong alternatifnya adalah menggunakan rmdir, tapi perlu diingat jika didalam folder tersebut terdapat file atau folder  maka folder tersebut tidah bisa dihapus dengan perintah rmdir.

 

5. cat - Get File Content

Untuk kalian yang tidak mau repot - repot membuka editor hanya untuk melihat isi dari sebuah file, kalian bisa gunakan perintah cat. Perintah cat digunakan untuk menampilkan semua isi file ke dalam termilal penggunaannya pun cukup sederhana.

cat myfile.txt

Contoh penggunaannya seperti screenshoot diatas.

 

6. cd - Change Directory

Ok ini sebagian besar pasti sudah tidak asing dengan perintah ini, yup sama seperti Windows perintah cd digunakan untuk berpindah directory cara kerjanya mirip dengan di Windows.

cd contoh_directory

"Sekedar tips ketika kalian ingin berpindah directory dan sekaligus ingin melihat folder apa saja yang tersedia pada directory yang akan dituju kalian bisa tekan tab 2x untuk menampilkan list directorynya"

 

7. ls - List Files

Sebelumnya saya memberi tip melihat list directory dengan perintah cd, namun ada alternatif lain yaitu ls, dengan perintah ini kalian bisa melihat informasi detail dari masing - masing file/folder dengan tambahan option -l.

ls -l

Contoh penggunaannya sebagai berikut.

 

8. pwd -  Print Working Directory

Ketika kita berpindah directory, kita terkadang lupa directory saat ini nah perintah pwd ini cukup membantu untuk masalah tersebut. pwd akan menampilkan absolute path dari directory terminal kita saat ini dimana absolute path akan dimulai dari path "/home/username_pc".

 

Ok mungkin itu yang bisa saya share, dan ingat ini hanya basic saja sebenarnya masih banyak lagi command/perintah yang tersedia jika ingin mendalami lagi bisa cari cheatsheet nya di google.

Dan seperti biasa jika ada yang ingin diskusi atau bertanya soal artikel ini langsung ke kolom komentar ya :)
Untuk kalian yg lagi cari monitor atau aksesoris seperti keyboard, mousepad dan mouse bisa lihat rekomendasi saya di tokopedia ya.

Image by Clker-Free-Vector-Images from Pixabay